Pengertian Islam menurut Bahasa dan Istilah

Pengertian Islam menurut Bahasa dan Istilah

Memahami pengertian Islam, menurut bahasa dan istilah, tidak saja penting bagi kaum muslim, tapi juga non-muslim. Pemahaman yang benar akan arti Islam atau makna Islam akan menghindari mispersepsi, miskonsepsi, atau salah paham (misunderstanding) tentang Islam.

Pemahaman yang benar tentang arti Islam juga akan mengikis Islamophobia atau ketakutan, kebencian, atau prasangka terhadap Islam atau muslim.

Salah satu salah paham tentang Islam yang berkembang selama ini, khususnya di kalangan nonmuslim di masyarakat Barat, adalah menyamakan atau mengindentikkan Islam dengan muslim. Perilaku muslim sering dipahami sebagai cerminan agama Islam.

Padahal, Islam dan muslim adalah dua hal yang berbeda, meski berkaitan sangat erat. Islam adalah agama, ajaran, atau jalan hidup. Muslim adalah sebutan untuk pemeluk agama Islam. Seorang muslim belum tentu menjalankan ajaran agamanya dengan baik, sehingga mengidentikkan muslim dengan Islam adalah keliru.

Pengertian Islam

Berikut ini pengertian Islam secara bahasa dan istilah yang dirangkum dari sumber-sumber kredibel, terpercaya, termasuk website resmi Majelis Ulama Indonesia (MUI).

1. Pengertian Islam secara Bahasa

Kata Islam berakar kata dari “aslama”, “yuslimu”, “islaaman” yang berarti tunduk, patuh, dan selamat.

Dengan demeikian, secara bahasa, pengertian Islam adalah kepasrahan atau kepatuhan, dalam hal ini taat kepada ajaran Islam yang merupakan perintah Allah SWT.

Baca Juga

Dalam bahasa Indonesia, Islam artinya “agama yang diajarkan oleh Nabi Muhammad saw. yang berpedoman pada kitab suci Al-Qur’an yang diturunkan ke dunia melalui wahyu Allah Swt.” (KBBI Daring).

Dalam bahasa Inggris, kamus Merriam-Webster mengartikan Islam sebagai “keyakinan agama umat Islam termasuk kepercayaan kepada Allah sebagai satu-satunya dewa dan Muhammad sebagai nabinya” (the religious faith of Muslims including belief in Allah as the sole deity and in Muhammad as his prophet).

Dalam bahasa Arab, Islam atau Al-Islām secara etimologi berarti “tunduk”. Akar katanya beragam yang artinya tunduk dan selamat.

Kata Islam berasal dari  salima yang artinya selamat. Dari kata ituterbentuk aslama yang artinya menyerahkan diri atau tunduk dan patuh, sebagaimana firman Allah Swt dalam Al-Qur;an Surat Al-Baqarah Ayat 112:

بَلَىٰ مَنْ أَسْلَمَ وَجْهَهُۥ لِلَّهِ وَهُوَ مُحْسِنٌ فَلَهُۥٓ أَجْرُهُۥ عِندَ رَبِّهِۦ وَلَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُونَ

“(Tidak demikian) bahkan barangsiapa yang menyerahkan diri (aslama) kepada Allah, sedang ia berbuat kebajikan, maka baginya pahala pada sisi Tuhannya dan tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati.

Dari kata aslama itulah terbentuk kata Islam. Pemeluknya disebut muslim. Orang yang memeluk Islam berarti menyerahkan diri kepada Allah dan siap patuh pada ajaran-Nya.

Di dalam Alquran, kata bermakna Islam yang terambil dari akar kata sin-lam-mim disebut sebanyak 73 kali dengan berbagai bentuk kata, seperti aslama, al-islam, salima, dan muslimun.

2. Pengertian Islam secara Istilah

Secara istilah Islam adalah agama yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW untuk umat manusia agar dapat hidup bahagia di dunia dan akhirat.

Inti ajaran sekaligus amalannya terangkum dalam rukun Islam:

  1. Syahadat atau bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan Nabi Muhammad adalah utusan Allah.
  2. Mendirikan sholat
  3. Menunaikan zakat
  4. Berpuasa di bulan Ramadhan
  5. Pergi haji bila mampu.

Pengertian Islam secara istilah tersebut berdasarkan hadits:

“Islam itu engkau bersaksi bahwa sesungguhnya tiada Tuhan selain Allah dan sesungguhnya Muhammad itu utusan Allah, engkau mendirikan shalat, mengeluarkan zakat, berpuasa pada bulan Ramadhan dan mengerjakan ibadah haji ke Baitullah jika engkau mampu melakukannya”.

Menurut Mahmud Syaltout, Islam secara istilah adalah adalah agama Allah Swt yang diwasiatkan dengan ajaranajarannya sebagaimana terdapat didalam pokok-pokok dan syari‟atnya kepada Nabi Muhammad saw dan mewajibkan kepadanya untuk menyampaikannya kepada seluruh ummat manusia serta mengajak mereka untuk memeluknya.

Menurut lima perawi Hadist (Muslim, Tirmidzi, nasa‟I, Ibn Majah, dan Abu Daud), Islam terkadang berarti taat dan menyerahkan diri, berarti juga melaksanakan (menunaikan), dapat pula diartikan masuk ke dalam silm (perdamaian), atau damai dan selamat.

Dengan demikian, pengertian Islam dari segi istilah adalah agama yang diturunkan Allah kepada nabi Muhammad Saw.

Sumber Ajaran Islam

Sumber utama ajaran Islam adalah A-Qur’an dan as-Sunnah. Keduanya adalah pedoman hidup umat Islam, sebagaimana sabda Nabi Muhammad Saw:

“Aku tinggalkan dua perkara pada kalian, jika kalian berpegang pada keduanya, niscaya tidak akan tersesat, yaitu kitab Allah dan (alQur‟an) dan sunnah Rasul-Nya.”

Demikian pengertian Islam secara bahasa dan istilah. Pemeluk Islam disebut muslim. Wallauhu a’lam bish-shawabi.

Sumber: MUI, UINB

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *