Pengertian Ibadah dan Jenis-Jenisnya dalam Islam

Pengertian Ibadah dan Jenis-Jenisnya dalam Islam

Dalam Islam, ibadah identik dengan shalat, zakat, puasa, haji, sedekah, doa, dzikir, menolong, dan sebagainya. Pengertian ibadah dalam Islam sangat luas. Bahasa Arabnya: al-‘ibadah (اَلْعِبَادَةُ).

Ibadah adalah tujuan penciptaan jin manusia. Allah Swt menciptakan mereka untuk beribadah kepada-Nya.

وَمَا خَلَقْتُ ٱلْجِنَّ وَٱلْإِنسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ

Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku.” (QS Adz-Dzariyat: 56).

Apa itu ibadah? Berikut ini ulasannya.

Pengertian Ibadah

Secara bahasa, ibadah adalah “perbuatan untuk menyatakan bakti kepada Allah Swt., yang didasari ketaatan mengerjakan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya”.

Kata ibadah (عبادة berasal dari bahas Arab, yaitu dari kata ‘abada – ya’budu yang secara bahasa artinya “merendahkan diri dan ketundukan”.

Baca Juga

Karena itu, ibadah dalam Islam hakikatnya adalah merendahkan diri kepada Allah Swt dengan menjalankan perintahkan-Nya dan menjauhi latangan-Nya.

Syaikhul Islam menjelaskan definisi ibadah sebagai berikut:

الْعِبَادَة هِيَ اسْم جَامع لكل مَا يُحِبهُ الله ويرضاه من الْأَقْوَال والأعمال الْبَاطِنَة وَالظَّاهِرَة

“Ibadah adalah istilah yang digunakan untuk menyebut semua yang dicintai dan diridhai oleh Allah, baik berupa ucapan, atau perbuatan, yang dzahir maupun bathin” (Risalah al-Ubudiyah dikutip Konsultasi Syariah).

Pengertian ibadah secara bahasa juga artinya “penghambaan”. Dalam kamus Lisanul Arab disebutkan, ‘abdun artinya budak atau hamba sahaya dan ‘ibadah artinya tunduk atau taat.

Dengan demikian, pengertian ibadah dari segi bahasa artinya pengambaan diri, pengabdian, dan kepatuhan kepada Allah Swt. Shalat, zakat, puasa, haji dalam Rukun Islam adalah wujud keimanan dan kepatuhan kepada Allah Swt.

Halaman berikutnya: Jenis-Jenis Ibadah dalam Islam

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *