Pengertian Dakwah

Pengertian Dakwah

Dakwah identik dengan ceramah. Namun, ceramah hanyalah bagian atau salah satu bentuk dakwah. Pengertian dakwah sangat luas. Setiap ajakan kepada kebaikan dan menjauhi keburukan adalah dakwah.

Dakwah juga identik dengan ulama, kiai, ustadz, atau penceramah. Padahal, dalam Islam, setiap muslim wajib berdakwah sesuai dengan kapasitas dan kompetensinya.

Bahkan, pemain sepakbola muslim seperti Mohammed Salah (Mesir/Liverpool) juga berdakwah dengan caranya sendiri: sujud syukur, perilaku baik, profesional, dan memenuhi harapan fans: mencetak gol!

Pengertian dakwah secara Bahasa

Dalam kamus bahasa Indonesia (KBBI), dakwah diartikan sebagai “penyiaran; propaganda” dan “ penyiaran agama dan pengembangannya di kalangan masyarakat; seruan untuk memeluk, mempelajari, dan mengamalkan ajaran agama”.

Dakwah secara bahasa (Arab) artinya memanggil, mengundang, ajakan, imbauan, dan hidangan. Dakwah juga bisa diartikan sebagai seruan atau ajakan.

Kata dakwah (da’wah, دعوة‎) dalam bahasa Arab berasal dari kata kata da’a-yad’u yang berarti panggilan, seruan atau ajakan, yakni ajakan untuk memeluk dan mengamalkan ajaran Islam.

Pengertian Dakwah secara Istilah

Secara istilah, dakwah berarti kegiatan yang bersifat mengajak dan memanggil, yaitu mengajak orang untuk beriman dan taat kepada Allah Swt atau melaksanakan ajaran Islam dengan baik dan benar.

Baca Juga

Dalam Islam, dakwah adalah ajakan atau seruan untuk menempuh “jalan Tuhan”, yakni agama Islam, sebagaimana QS Surat An-Nahl Ayat 125:

ٱدْعُ إِلَىٰ سَبِيلِ رَبِّكَ بِٱلْحِكْمَةِ وَٱلْمَوْعِظَةِ ٱلْحَسَنَةِ ۖ وَجَٰدِلْهُم بِٱلَّتِى هِىَ أَحْسَنُ ۚ إِنَّ رَبَّكَ هُوَ أَعْلَمُ بِمَن ضَلَّ عَن سَبِيلِهِۦ ۖ وَهُوَ أَعْلَمُ بِٱلْمُهْتَدِينَ

“Serulah (manusia) kepada jalan Tuhan-mu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk.”

Dakwah untuk kampanye kebaikan dan mencegah keburukan ditegaskan dalam Al-Qur’an Surat Ali ‘Imran Ayat 104:

وَلْتَكُن مِّنكُمْ أُمَّةٌ يَدْعُونَ إِلَى ٱلْخَيْرِ وَيَأْمُرُونَ بِٱلْمَعْرُوفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ ٱلْمُنكَرِ ۚ وَأُو۟لَٰٓئِكَ هُمُ ٱلْمُفْلِحُونَ

“Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang munkar; merekalah orang-orang yang beruntung.”

Dengan demikian, dakwah merupakan segala bentuk aktivitas penyampaian ajaran Islam kepada orang lain dengan berbagai cara bijaksana agar memahami dan mengamalkan ajaran Islam dalam semua lapangan kehidupan.

Dakwah merupakan segala bentuk aktivitas penyampaian ajaran Islam kepada orang lain dengan berbagai cara bijaksana agar memahami dan mengamalkan ajaran Islam dalam semua lapangan kehidupan.

Demikian pengertian dakwah. Di halaman berikutnya adalah kutipan indeks Google tentang yang sering ditanyakan orang tentang dakwah.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *